Kamis, 26 Mei 2011

Aspek Pasar

Sebelum memasuki bisnis hendaknya dilakukan analisis terhadap pasar potensial yang akan dimasuki. Sehingga pasar potensial bagi produk yang dihasilkan.

1. Pengertian Pasar

Pasar menurut para ahli:
* Tempat pertemuan antara penjual dan pembeli
* Saling bertemunya kekuatan permintaan dan penawaran untuk membentuk suatu harga

Pasar menurut Stanton
* Kumpulan orang-orang yang mempunyai keinginan-keinginan untuk puas, untuk belanja dan kemauan untuk membelanjakan.
2. Pengertian Permintaan

Permintaan: jumlah barang yang dibutuhkan konsumen yang mempunyai kemampuan membeli pada berbagai tingkat harga

Permintaan efektif: permintaan yang didukung oleh daya beli.

Permintaan potensial: permintaan yang didasarkan pada kebutuhan saja.

Analisis permintaan yang menghasilkan prakiraan permintaan terhadap suatu produk merupakan salah satu alat penting bagi manajemen perusahaan. Dari perkiraan penjualan dapat diperkirakan anggarap perusahaan, sehingga perusahaan dapat menentukan jumlah dan macam tenaga kerja yang dibutuhkan, kecukupan alat-alat produksi, ketersediaan bahan mentah dan daya tampung gudang.

Permintaan konsumen terhadap barang dan jasa akan menentukan jumlah barang dan jasa yang harus dihasilkan. Permintaan perseorangan tidak akan mempengaruhi harga, namun apabila bersama-sama akan membentuk permintaan dalam pasar. Untuk dapat dipakai dalam pengambilan keputusan manajemen, dalam analisis antara jumlah barang yang diminta dengan semua jumlah variabel yang mempengaruhinya.

Fungsi permintaan: X = f (Px, Pa-z, Y, X)
Dimana: X = jumlah barang yang diminta

Px = harga barang x

Pa-z = haraga barang lain dari a-z

Y = tingklat pendapatan konsumen

S = selera konsumen

Ukuran yang dapat dipakai untuk menilai kepekaan permintaan disebut elastisitas (persentase perubahan jumlah yang diminta dibandingkan dengan persentase perubahan dari variabel bebas).

Penawaran: berbagai kuantitas barang yang ditawarkan di pasar pada berbagai tingkat harga. Bila harga naik, produsen akan berusaha menaikkan jumlah barang yang dijual.

Penawaran oleh penjual dipengaruhi oleh:
o harga barang itu sendiri
o harga barang lain
o ongkos produksi
o tingkat teknologi
o tujuan perusahaan

3. Bentuk Pasar

Bentuk-bentuk Pasar Produsen
* Pasar Persaingan Sempurna

Produsen tidak terbatas jumlahnya sehingga aktivitas persaingan tidak tampak, konsumen dapat menjual barang dan membeli beberapa saja tanpa ada batas asal bersedia membeli/menjual pada harga pasar.

* Pasar Monopoli

Bentuk pasar yang dikuasai oleh seorang penjual saja, karena tidak ada barang subtitusi dan terdapat hambatan untuk masuknya pesaing dari luar. Monopoli bisa terjadi karena menguasai barang mentah, penguasaan teknik produksi tertentu, tindakan yuridis/hak paten atau karena luas pasar yang tidak terlalu besar untuk dilayani.

* Pasar Oligopoli

Perluasan dari pasar monopoli (terdapat beberapa produsen).penentuan tingkat harga sangat dipengaruhi oleh pesaing, sehingga tindakan atau aktivitas pesaing harus dipertimbangkan.

* Pasar Persaingan Monopolistik

Merupakan bentuk campuran antara persaingan sempurna dan mopnopoli. Mirip persaingan sempurna karena ada kebebasan untuk masuk atau keluar pasar dan barang yang dijual tidak homogen. Karena barang yang heterogen dimiliki perusahaan-perusahaan yang besar saja, pasar ini mirip dengan monopoli.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar